Baca Juga
Apa itu Meta Tag?
Meta Tag ialah sebuah/kumpulan aba-aba tersembunyi yang diletakkan di bawah aba-aba HEAD didalam Dokumen HTML. Kode tersebut nantinya akan berfungsi untuk menunjukkan informasi pemanis perihal apa yang anda tuliskan. Informasi tersebut tidak diberikan kepada pembaca, tetapi kepada Mesin Pencarian.
Meta Tag itu sendiri ada banyak jenisnya, mulai dari Meta Description, Meta Keyword dan Meta Tag lainnya. Berikut beberapa Meta Tag dan beberapa penjelasan perihal Meta Tag Tersebut.
SEO untuk Meta Description
Meta Description ialah untuk menjelaskan perihal keseluruhan isi dari pada blog yang anda kelola. Meta tag ini nantinya akan berfungsi untuk ditayangkan di bawah judul goresan pena anda didalam Search Engine. Hal itu tidak semata-mata akan ditampilkan, namun hanya akan ditampilkan apabila dibutuhkan saja. Maksud saya, kalau tidak ada deskripsi yang cocok untuk hasil blog anda, maka Meta inilah yang akan ditampilkan.
Berikut contoh Meta Description:
Anda bisa mengganti dengan Deskripsi blog anda.
Seo Untuk Meta Keyword
Meta Keyword ini berfungsi untuk menghipnotis peringkat goresan pena anda. Pada Meta tag ini anda mengisi dengan kata kunci yang sering anda gunakan di dalam goresan pena anda. Hal ini akan sangat membantu kalau anda lupa menebalkan atau menambah Alt Tag Gambar pada goresan pena anda. Namun, kalau anda bukan blogger yang sering melupakan hal ini, saya tidak menganjurkan anda untuk menggunakan Meta Tag yang satu ini.
Untuk sekarang ini, semua blogger hampir oke bahwa Meta Keyword sudah tidak begitu memiliki kepentingan. Namun kalau anda mengelola blog yang menargetkan sebuah Niche, tidak ada salahnya untuk menggunakan Meta Keyword. Hal ini (mungkin) akan sedikit membantu untuk peringkat goresan pena anda di mesin pencarian.
Berikut Contoh Meta Keyword:
Anda bisa mengganti dengan keyword yang sering anda gunakan.
Seo Untuk Meta Content Type
Meta Content Type ialah untuk menyatakan Encoding Situs anda untuk membantu Browser yang digunakan pengguna pencarian biar tidak salah dalam menampilkan situs anda. Meta Tag ini tidak menghipnotis peringkat Blog/Situs anda sama sekali, tapi hanya untuk membantu Browser saja. Jadi, untuk kepentingan dari pada Meta Tag ini, hanyalah pada dilema tampilan blog.
Berikut contoh Meta Content Type:
Seo Untuk Meta Tag Geo PlaceName (meta Location)
Meta Tag Geo PlaceName adalah untuk memberitahukan asal negara dari pada Blog/situs yang anda kelola. Meta ini memiliki kepentingan untuk membantu pencarian dengan Query negara. Awalnya memang tidak terlihat memiliki kepentingan, namun seiring berjalannya waktu, hal ini akan sangat menentukan (nantinya).
Berikut Meta Tag Geo PlaceName:
Anda bisa mengganti nama negara yang anda pilih.
Seo Untuk Meta Author
Meta Author ialah untuk memberitahukan kepada google siapa admin dari pada sebuah situs. Misalkan situs yang anda kelola memiliki beberapa admin, Meta Tag Author ini sangat penting. Dan terlebih, google sangat senang dengan situs yang terperinci nama si pengelola blog.
Berikut contoh Meta Author:
Anda bisa mengganti dengan nama anda.
Seo Untuk Meta Languange
Meta Languange ialah untuk memberitahukan kepada google perihal bahasa apa yang anda gunakan pada blog anda. Meta tag ini nantinya akan membantu google untuk memilah blog anda pada bab bahasa mana anda menulis. Meta Languange memiliki kepentingan kalau anda menargetkan pasar untuk sebuah negara.
Berikut Contoh Meta Languange:
Anda bisa mengganti dengan aba-aba bahasa yang anda inginkan.
Seo Untuk Meta Refresh
Dengan menggunakan Meta Refresh, maka situs anda akan melaksanakan Refresh secara Otomatis secara berkala. Refresh yang akan terjadi itu tergantung pada selang waktu yang anda tentukan. Hal ini akan meningkatkan PageViews sebuah blog. Namun secara pribadi, saya tidak menganjurkan anda untuk menggunakan Meta tag yang satu ini. Dampaknya memang tidak sering terjadi, namun dampak yang bisa saja terjadi ialah google akan menganggap blog anda sebagai Blog Sp*m; dengan alasan mengelabui pengunjung.
Berikut pola Meta Refresh:
Anda bisa mengganti dengan selang waktu yang anda inginkan. Misal: 20 detik.
Seo Untuk Meta Tag Revisit After
Meta Tag Revisit After adalah untuk mengatur tingkat perayapan google terhadap blog anda. Dahulunya Meta ini mempunyai peranan penting, namun untuk sekarang ini tidak lagi. Alasannya adalah, untuk sekarang ini +Google+ dan juga Search Engine lainnya sudah bisa mengatur tingkat perayapan terhadap suatu blog. Jadi, bab ini sangat tidak perlu anda khawatirkan.
Berikut contoh Meta Tag Revisit After:
Sebenarnya masih ada begitu banyak lagi bab dari SEO Meta Tag yang masih menyebar. Jika anda merasa masih kurang cukup, silahkan membaca dari situs ini: Meta Tag yang dipahami oleh Google. Nah, Setelah kita membahas banyak sekali macam Meta Tag yang ada, mari kita masuk ke dalam pembahasan nyata.
Cara membuat Meta Tag
Setelah kita mengetahui bermacam dari pada aba-aba Meta Tag yang ada. Mari kita ikuti cara untuk meletakkan Meta Tag dengan benar.
- Silahkan Masuk ke Blogger.
- Kemudian pilih bab Template, lanjutkan dengan pilihan Edit HTML. silahkan perhatikan Gambar :
- Selanjutnya silahkan mencari aba-aba
- Lalu letakkan aba-aba yang sudah saya bagikan diatas tersebut di bawah aba-aba HEAD tersebut. Silahkan melihat gambar :
- Setelah melaksanakan perubahan menyerupai besar-besaran terhadap blog, ada baiknya untuk teman-teman sekalian melaksanakan Ping terhadap situs anda.
- Selesai.